pembuatan kolam terpal ikan bawal

pemuntukan kolam terpal

cara budidaya ikan bawal kolam terpal sekarang telah menjadi alternatif terbaik dalam membudidaya ikan bawal, di samping mudah serta dapat di semua lokasi, kolam terpal sangat baik untuk keHayatian bibit ikan salah satu produksi bawal, ikan bawal bias, ikan bawal ukuran konsumsi atau pun untuk ikan yang ditujukan terhadanyapnya kolam pemancingan, sebelum digunakan kolam terpal sedengan cepat bisa jadi di persiapkan terlebih dahulu, terutama menjaga air di kolam, setelah kolam selesai diuntuk, ganti air terlebih dahulu untuk menghilangkan segala kotoran atau virus yang melekat terhadanyapnya terpal, serta isi air kembali sesuai kebuyang kukeinginan budidaya minimal 50cm.

setelah itu kolam ditutup serta di biarkan selama 2-3 hari. untuk menjaga sterilitas, kolam terpal dapat diberi perakuan tradisional berupa memberi tumpukan daun pepaya atau daun ketepeng (cassia alata) yang diizinkan selama 5-7 hari. daun pepaya berkefungsian sebagai antiseptik. selanjutnya benih bawal siap ditebar.

pemilihan bibit sedengan cepat bisa jadi dilakukan cara teliti, ukuran bibit juga butuh di perhatikan, antara mencapai ukuran panjang 5-8 cm atau berat 20-30 g/ekor, ptata cara penebaran di kolam terpal antara 50-70 ekor/m2.

selama pemeliharaan, bawal diberikan pakan berupa pelet sebanyak 3-4% bobot ikan per hari. pakan yang diberikan mengandung protein antara 25-27%. pakan diberikan 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, serta sore hari. bawal juga dapat diberi pakan tam¬bahan berupa nasi residu, roti kering residu, serta lain-lain.

untuk menjaga kesehatan ikan  kau dapat juga metersebutkanikan vitamin c dosis 250-500 mg/kg berat baserta selama be¬berapa hari. atau metersebutkanikan probiotik sebagai imunostimulan, misalnya lipopolisakarida 10 mg/1 untuk mempertahankan stami¬na ikan. pengfungsian vitamin serta probiotik telah umum digunakan untuk budi daya ikan serta udang untuk meningkatkan kekebalan.

pemeliharaan kolam juga sedengan cepat bisa jadi dijaga ke bersihannya untuk menghindari serangan penyakit, residu pakan serta kotoran ikan di dharapanr kolam terpal secara rutin dibersihkan dengan melakukan penyiponan tiap 15-20 hari sekali. dengan melakukan penyiponan secara rutin, dharapanr kolam tidak mengan¬dung bahan-bahan memeninggalkan bagi ikan budidaya.

untuk mengyang akan terjadikan bawal ukuran 300-400 g/ekor, dibut kan mharapan pemeliharaan 4-5 bulan, dengan menebar benih an 4-6 atau 5-8 cm, sesertagkan untuk mengyang akan terjadikan ikan ukuran 900- g/ekor diharapkan mharapan pemeliharaan 4-5 bulan.

http://ojolali23.blogspot.com/2017/02/pembesaran-ikan-bawal.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s