budidaya ikan komet yang mudah 

budidaya ikan komet yang mudah 

seareakah masa yang lantas ikan komet aku bertelur di dalam akuarium. padanyaperihal akuarium yang aku fungsikan berukuran kecil sekitar 50 x 30 x 30 cm yang berisi 7 ekor komet berukuran 3 inchi lebih. ikan-ikan itu sudah aku beli semenjak 6 bulan yang lantas di toko ikan hias dengan harga rp 3.000 per ekornya. eh tak disangka-sangka justru mereka bertelur, itu memuntuk aku amat bahagia.

 

dari 7 ekor ikan komet tersebut, 4 tidak lain ialah jantan serta Residunya betina. jantan bisa dibedakan dari betina dengan menatap area penutup manusiagnya atau operkulum. padanya jantan yang sudah yang kuasasa (sekitar 3 inchi) akan timbul bintik-bintik di penutup manusiagnya yang dikatakan dengan breeding tubercles. sesertagkan si betina kebiasaannya akan berbadan gemuk serta berperut buncit dikala sudah siap bertelur.

 

seareakah hari sebelum komet tersebut bertelur, aku lihat mereka berkejar-kejaran auraa kemari. si jantan rajn sekali mengejar betina dengan menempelkan verbalnya di bawah perut betina. itu bisa jadi tidak lain ialah bentuk kegiatan pra-perkawinan dari ikan komet. memang umum di dunia ikan jikalau menjelang perkawinan, si jantan akan selantas terlihat mengejar betina dengan intimnya.

 

sehari sebelum bertelur, aku sempat mengubah air akuarium setengahnya. esok paginya, aku temukan telur-telur berserakan di basis akuarium serta air akuarium berwarna agak putih. air yang putih ini bisa jadi alasannya tidak lain ialah sperma dari komet jantan yang tersebar di air. pagi jam 8 aku ameninggal ikan-ikan itu masih terus berkejar-kejaran serta telur terus keluar dari saluran kelamin betina. telur tersebut tak dikeluarkan dan merupakan juga, namun sedikit demi sedikit bersetara dengan si jantan akan membuahinya.

alasannya tidak lain ialah pagi itu aku sesegera bisa jadi bekerja, tersebutkan aku tinggal ikan-ikan tersebut dengan tidak pengawasan. akungnya dikala aku pulang bekerja, telur-telur yang tadinya amat banyak itu sudah ludes, lenyap dengan tidak bekas. induk-induk komet yang kelapakahran sudah metersebutkannnya. aduuuh duka sekali aku, idappakah tadi pagi tak aku belah dulu induk itu dari telur-telurnya.

 

di basis akuarium cuma terResidu seareakah butir telur yang belum tergoda. akhirnya dengan waspada aku ambil telur-telur tersebut serta aku pmengagumkankan ke wadanyah lain dengan asa akan menetas. singkat kisah 3 hari setelah itu cuma 1 telur yang menetas alasannya tidak lain ialah telur-telur yang lain teryata jamuran. padanyaperihal telur-telur tersebut sudah terlihat larva di dalamnya, tetapi alasannya tidak lain ialah ditumbuhi jamur di luarnya, larva komet tak mampu keluar dari telur.

http://ojolali23.blogspot.com/2017/06/budidaya-ikan-komet.html

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s