proses budidaya ikan gurame yang benar

proses budidaya ikan gurame yang benar

pemeliharaan induk ikan gurame

induk-induk terpilih (20-30 ekor buat kolam seluas 10 m2) disimpan dalam kolam Distorsi induk. beri tersebutkannan sepanjang dalam penampungan. buat tiap induk dengan berat antara 2-3 kg dikasi tersebutkannan daun-daunan setotal 1/3 kg tiap hari terhadapnya sore hari. tersebutkannan tambahan berbentuk dedak perihalus yang diseduh air panas dimemberi 2 kali seminggu dengan tidakaran 1/2 blekminyak tanah tiap kali pemberian.

pembenihan ikan gurame

induk yang sudah matang gonad siap buat ditebarkan di kolam pemijahan.

kolam pemijahan ialah kolam khusus yang ukurannya bergantung total induk yang dimiliki, ukuran minimumya 20 m2 serta maksimum bisa mencapakahi 1000 m2 dengan kedalsafe wangsital 0,8 m – 1,5 m. mkolam induk sebagusnya dekat dengan kolam pemijahan sesampai mebeliahkan sistem pemrupawanan induk ikan.

ptata metode tebar induk ikan gurami dibisniskan 1 ekor induk ikan yang bobotnya 3-5 kg per ekor sebagusnya mempunyai daerahl buat berMobilitas bebas seluas 5 m2. mpenebaran induk dilsayakan dengan perbandingan 1 ekor jantan yang bobotnya mencapakahi 3-5 kg serta 3 ekor betina yang bobotnya minimal 3 kg.

sistem pemijahan bicita-citanya akan berpribadi yang diawali 1 minggu pertama induk jantan sudah memulai bikin sarang, lsafeya bikin sarang lebih kurang 6 hari setelah itu induk betina yang sudah siap pijah mempunyai naluri akan dengan cepat berpijah sesudah sarangya siap, terjadinya sistem pemijahan sepanjang 2-3 hari, induk betina dengan cepat mengeluarkan telur-telurnya serta semetode berserentakan pula induk jantan menyemprotkan sperma serta terjadi sistem pembuahan telur oleh sperma jantan.

sistem perkawinan akan diakhiri apakahkalau jantan sudah mengcover sarang, dengan ijuk atau sejenisnya. keberakibatan sistem pemijahan bisa membisuati pula dengan menatap pemukaan kolam yang adanya sarang guraminya terlihat keluar banyak minyak dipermukaan air serta tecium bau amis.

penetcita-citan telur ikan gurame

pengamkalaun sarang yang berisi telur dilsayakan semetode berwaspada dengan metode memegang sisi luar area paling bawah sarang serta sebagusnya sarang tidak diangkat begitu saja, tetetapi mengfungsikan wadanyah berbentuk ember atau baskom yang berisi air serta dikasi metheline blue dengan perbandingan 5 cc obat buat 5 liter air.

penetcita-citan bisa dilsayakan di dalam paso atau baskom ataupun di dalam sayaarium. air di dalam baskom atau sayaarium dikasi aerasi atau supplay oksigen serta tiap hari dilsayakan pengamkalaun telur-telur yang tidak menetas atau berpukulur agar tidak menular ke telur yang bugar. bicita-citanya telur gurami akan menetas sesudah 36-41 pukul.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s